Kategori

komunitas

Tiga Pilar Penerapan dan Pengembangan ICT di Sekolah


Ada 3 (tiga) pilar yang saling melengkapi guna penerapan ICT (Information and Communication Technology) di sekolah, antara lain:
  1. Sistem Manajemen Sekolah (School Management System). Suatu sistem yang mengatur bagaimana perencanaan, operasional, monitoring dan improvement suatu organisasi sekolah
  2. Strategi Pengembangan ICT di Sekolah. Suatu perencanaan ICT jangka panjang terintegrasi untuk seluruh elemen di sebuah sekolah.  Mencakup : jangkauan dan scope ICT, pemilihan teknologi (hard ware, software, jaringan, Internet provider, programming, data base system dll), tahapan implementasi, pelatihan ICT, Sosialisasi dll.
  3. Pengembangan budaya ICT di Sekolah. Sebuah perencanaan yang bertujuan untuk membuat sebuah lingkungan belajar berbasis ICT, menuju budaya implementasi ICT di sekolah yang sehat dan efektif.  Pengembangan budaya ICT ini melibatkan seluruh elemen sekolah (pimpinan, guru, karyawan, siswa dan bahkan orang tua siswa).3 pilar tersebut harus berjalan seiring dan selaras, jangan sampai satu pilar lebih dominan dibandingkan yang lain.
Contoh: ICT sudah terset up dan di implementasikan di proses belajar mengajar, tetapi belum ada sistem baku yang mengatur bagaimana model belajar mengajar menggunakan ICT.  Bisa jadi tafsir dan kreasi para guru beragam dalam menerapkan ICT, atau mungkin ada guru yang tetap tenang – tenang saja mengajar dengan gaya lamanya yang sangat klasik tanpa sentuhan ICT.
Atau Sitem Manajemen Sekolah sudah sedemikian lengkap (mungkin sudah bersertifikat ISO 9001), tetapi ICT nya masih jauh ketinggalan di belakang, sehingga proses yangberjalan lambat dan tidak efisien (baca: membosankan, penuh paper work).
Atau mungkin karena budaya ICT tak dkembangkan, boleh jadi guru – guru sudah menjinjing lap top ke sana kemari, tapi tak pernah membuka emailnya secara rutin.  Nah payah kan …?  Atau karena internet masuk di sekolah akhirnya disertai pornografi masuk sekolah, karena budaya ICT sehat belum digarap?

0 komentar:

Posting Komentar